Template by:
Free Blog Templates

Jumat, 02 Oktober 2009

APAKAH ITU RPL ??

Apa itu pl?

Dalam organ tubuh manusia terdapat perangkat lunak dan perangkat keras.
Biasanya perangkat lunak pada tubuh manusia dilindungi dengan jaringan perangkat kerasnya. Contoh otak sebagai perangkat lunak dan dilindungi oleh tulang tengkorak.
Hal ini berbeda sama sekali dengan asumsi bahwa perangkat lunak komputer itu berupa alat yang lunak seperti pada organ tubuh manusia.
Mungkin agar mendekati kesamaan asumsi perangkat lunak komputer,
perangkat lunak manusia mungkin bukan berupa alat/organ atau jaringan tubuh yang sifatnya lunak melainkan sinyal sensorik dan motorik yang menggerakkan atau memberikan perintah pada organ melalui jaringan syaraf yang saliang berkoordinasi dan berhubungan dengan baik. Berikut rangkuman hal-hal yang berkaitan dengan apa yang disebut dengan perangkat lunak komputer;
  • Program komputer & dokumentasi yang berkaitan seperti dokumen kebutuhan,rancangan, dan user manual.
  • Produk PL bisa dibangun untuk pengguna khusus atau umum.
  • dibangun untuk dijual ke pengguna yang berbeda-beda misalnya PL untuk Generic  PC seperti Excel atau Word.
  • untuk pengguna khusus/pemesan sesuai kebutuhannya. Bespoke (custom) 
  • PL baru bisa dibuat dengan membangun program baru, konfigurasi sistem PL atau gunakan lagi (reuse) program yang sudah ada.
Perangkat lunak merupakan program komputer yang mengkoordinasikan (mengenalkan, memiliki fungsi pengaturan dan pengontrolan) unjuk kerja perangkat keras dan dokumentasi yang berkaitan seperti dokumen kebutuhan, rancangan dan petunjuk pemakaiannya. Sedangkan Rekayasa Perangkat Lunak adalah disiplin ilmu rekayasa atau teknik yang berkaitan dengan semua aspek dalam membuat perangkat lunak yang mengharuskan mengikuti pendekatan yang sistematis dan teratur dan menggunakan alat dan teknik yang cocok sesuai dengan masalah yang akan dipecahkan, batasan pembangunan dan sesumber yang tersedia.

Beda RPL Dengan Istilah-Istilah lain
Beda RPL dan Ilmu Komputer
  • Ilmu komputer berkaitan dengan teori dan konsep-konsep dasar; RPL berkaitan dengan praktek pembangunan PL.
  • Teori ilmu komputer masih kurang sebagai penyangga RPL.

Beda RPL dan Rekayasa Sistem
  • Rekayasa sistem berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, rekayasa PL dan proses. RPL adalah bagian dari rekayasa sistem yang meliputi pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem.
  • Para ahli sistem (system engineers) terlibat dalam spesifikasi sistem, desain arsitektural, integrasi dan peluncurannya.

1 komentar: